Teknik Lari Jarak Pendek

Teknik Lari Jarak Pendek

Teknik Lari Jarak Pendek – Biarpun cuman meniti track pendek, bukan mempunyai arti tehnik lari jarak pendek atau lari sprint simpel untuk Anda laksanakan. Anda harus sungguh-sungguh pada keadaan bugar dan mengenal tehnik-tehnik dasarnya untuk dapat sampai garis finish lebih semakin cepat. Nach untuk kuasai sejumlah hal itu, baca terlebih dulu tehnik lari cepat itu di bawah ini.

Tehnik-tehnik dasar lari jarak pendek (sprint)

Lari jarak pendek (sprint) yaitu satu diantara cabang olahraga lari yang memakai jarak track pendek, mulai 100 mtr., 200 mtr., sampai 400 mtr.. Lari estafet (relay race) termasuk juga dalam category ini di jarak track 4×100 mtr. dan 4×400 mtr..

Bercakap berkaitan lari sprint, pasti akan tidak terlepas dari figure Usain Bolt. Pelari veteran asal Jamaika ini terdaftar punya rekor sprint jarak 100 mtr. paling cepat, dengan waktu Teknik Lari Jarak Pendek catatan 9.58 detik. Perihal ini pula yang membuat dipanggil sebagai “manusia paling cepat dalam dunia”.

Apabila mau lari sekencang kilat bak Usain Bolt, sejumlah tehnik dasar lari jarak pendek ini butuh Anda kuasai, dimulai dengan tehnik start, lari, sampai sampai garis finish.

  1. Tehnik start

Dalam perlombaan lari cepat, Anda butuh kerjakan start secara efektif. Tehnik start yang betul tentukan tingkat kesuksesan seseorang pelari untuk sampai garis finish lebih semakin cepat.

Lari sprint harus mengawali balapan dengan tehnik start jongkok atau block start. Ke-2 kaki pelari harus ada pada blok dan ambil status jongkok dengan beban badan berpijak pada ke-2 tangan di track.

Baca Juga:  Arti Mimpi Menyisir Rambut Dapat Kutu

Dilansir dari Brian Mac Sports Coach, ada tiga tehnik start jongkok yang biasa dipakai dalam lari jarak pendek, yaitu start pendek (bunch/bullet start), start menengah (media start), dan start panjang (elongated start).

  • Start pendek (bunch/bullet start). Status jari-jari kaki belakang nyaris sejajar dengan tumit kaki depan waktu berada pada blok.
  • Start menengah (media start). Status lutut kaki belakang diletakkan ada pada samping telapak kaki depan.
  • Start panjang (elongated start). Status lutut kaki belakang sejajar atau sedikit ada di belakang tumit kaki depan.
  1. Tehnik lari

Bentuk badan yang benar serta baik dapat menambah kecepatan Anda waktu lari di track. Salah bentuk atau sikap tubuh dapat menjadi memperburuk waktu catatan Anda lari. Bukan sekedar itu, bentuk badan prima dapat juga kurangi dampak luka waktu lari.

Pelatih Nick Anderson seperti dilansir dari Runners Teknik Lari Jarak PendekWorld mengatakan sejumlah tehnik untuk sampai wujud lari jarak pendek yang prima dan berkecepatan tinggi, salah satunya sebagai di bawah ini.

Pundak dan kepala
Menjaga status pundak turun dan santai. Kepala sejajar garis lempeng dengan anggota badan di bawahnya. Menjaga pundak masih lempeng dan hindarkan perputaran atau perputaran berlebihan.

Lengan
Statuskan lengan dengan kendur dan siku membuat pojok 90 derajat. Gerakkan siku lempeng ke belakang untuk membikin momen. Waktu mengayun kembali di depan, pompa tangan setinggi pundak.

Baca Juga:  Contoh Surat Undangan Tidak Resmi

Pinggang
Coba asumsikan jika tubuh Anda terbawa ke atas dengan seutas tali pada kepala Anda. Ini mau bikin berat pada pinggang berasa serasi. Mengencangkan otot perut untuk dapat mendapat bentuk yang serasi.

Lutut
Dorong lutut Anda di depan dan angkat dengan tinggi. Ini bakal mendatangkan kemampuan lebih dan memajukan gapaian cara lebih jauh.

Kaki
Tidak lama sisi telapak kaki bakal sentuh track, angkat jemari kaki Anda menuju tulang kering, sampai telapak kaki Anda terdapat pada status horizontal.

Yakinkan Anda landingkan telapak kaki Anda dengan sisi tengah dan tempatnya ada pada bawah badan, bukan ada pada depan badan Anda.

Tumit
Selesai sentuh lantai, yakinkan tumit Anda membuat pergerakan melingkar penuh sampai belakang menuju pantat, tapi tidaklah sampai sentuh. Janganlah buru-buru gerakkan tumit di depan saat sebelum nyaris sentuh pantat. Ini bakal bikin tolakan bertambah kuat.

  1. Tehnik finish

Tahap finish yakni tingkatan lari cepat yang paling tentukan. Pasalnya dalam pertandingan-pertandingan, pelari bakal sama-sama bersisihan keduanya waktu masuk garis finish.

Dalam persaingan internasional, pendataan dan laporan waktu finish harus dilaksanakan sampai unit 0.01 detik. Maka dari itu membutuhkan perlengkapan dan tehnologi privat untuk menilainya.

Aturan International Association of Athletics Federations (IAAF) menyebutkan jika waktu seseorang pelari dicatat saat tangkai badan melalui garis finish. Oleh karena itu, ada tiga tehnik finish yang dapat pelari melakukan, yaitu:

  • mencondongkan dan jatuhkan dada di depan,
  • jatuhkan satu diantaranya pundak di depan, dan
  • lari lebih semakin cepat.
Baca Juga:  Contoh Kalimat Majemuk

Wujud latihan menambah tehnik lari sprint

Pemanasan jadi bisa suatu bentuk latihan yang dapat Anda melakukan untuk menambah perform lari jarak pendek. Soal ini butuh dilaksanakan karena bertambah keras Anda memaksakan badan untuk lari cepat, bertambah besar juga dampak luka pada otot Anda.

Sejumlah latihan pemanasan yang dapat Anda melakukan awal mulanya salah satunya sebagai di bawah.

  • Jalan dan lari kecil waktu 5 sampai 10 menit saat sebelum kerjakan lari jarak pendek.
  • High knees atau pergerakan mengangkut lutut setingginya secara berganti-gantian. Macam latihan ini biasa dikatakan sebagai jalan pada tempat.
  • Butt kickers yang pergerakannya serupa di jalan pada tempat, tapi cuman sisi lutut ke bawah yang menuju ke belakang sampai sisi tumit sentuh pantat.
  • Skipping atau lompat tali dapat dilaksanakan untuk meregangkan otot kaki.

Tidak cuman sejumlah tehnik pemanasan itu, Anda dapat juga kerjakan latihan campuran di antara berjalan, jogging, lari, sampai lari cepat. Mulai berjalan dan lebih kecepatan Anda tiap 10 detik sampai Anda menggapai kecepatan sprint penuh.

You May Also Like

About the Author: Rifki Uking

Selalu ingin belajar untuk mendapatkan yang saya inginkan :')